Sabtu, 14 Desember 2024
Sirakh 48:1-4.9-11 membawa kita menelusuri kembali kemegahan peran nabi Elia, yang dinyatakan sebagai api menyala-nyala, pelaksana mukjizat, dan pembawa penghakiman Tuhan. Sosok Elia tidak hanya menyampaikan firman tetapi juga menghidupkan kembali harapan umat. Dalam ayat-ayat ini, Elia digambarkan sebagai sosok yang diangkat ke surga dalam angin badai, sebuah figur yang dirindukan akan kembali untuk memperbaiki relasi umat dengan Tuhan. Di sisi lain, Matius 17:10-13 memberikan pemenuhan janji itu, melalui penegasan Yesus bahwa Yohanes Pembaptis adalah Elia yang telah datang. Perjumpaan ini mengikat dua kutub antara nubuat dan penggenapan, antara pengharapan dan realitas, antara simbol dan makna sejati.
Keduanya, Elia dan Yohanes Pembaptis, menantang kemapanan, menyerukan pertobatan, dan membawa terang di tengah kegelapan. Elia membangun altar yang baru untuk menyatukan kembali umat dengan Allah (1 Raja-raja 18:36-39), sementara Yohanes Pembaptis mempersiapkan jalan bagi Sang Mesias dengan seruan pertobatan di padang gurun. Meski keduanya diangkat tinggi oleh Allah, mereka tetap menjalani kehidupan penuh pengorbanan dan perjuangan.
Para ahli seperti William Barclay dalam bukunya The Gospel of Matthew (1957) mencatat bahwa Yohanes Pembaptis merupakan cerminan Elia dalam semangat dan pelayanan. Barclay menekankan bagaimana Yohanes menghadirkan pengharapan mesianik, namun tidak selalu dikenali oleh umat. Teolog Raymond E. Brown dalam The Birth of the Messiah (1999) memperluas pandangan ini dengan menyebut bahwa kehadiran Yohanes adalah tanda transformasi eskatologis yang memanggil semua orang untuk kembali kepada Allah.
Menghayati Santo Yohanes dari Salib dalam perayaan ini semakin memperkaya refleksi kita. Sebagai imam dan pujangga Gereja, ia menawarkan perspektif mendalam tentang terang di tengah kegelapan. Dalam karya besarnya, Dark Night of the Soul (1578), Yohanes dari Salib menjelaskan perjalanan jiwa menuju persatuan dengan Allah sebagai sebuah perjalanan melewati kegelapan dan penderitaan. Kegelapan ini bukanlah akhir, melainkan jalan menuju terang yang lebih besar. Sama seperti Elia yang berhadapan dengan penguasa Ahab dan Izebel atau Yohanes Pembaptis yang menghadapi ancaman Herodes, kegelapan menjadi jalan penggenapan karya Allah.
Kedua bacaan ini membawa kita untuk merenungkan bahwa Allah selalu bekerja melalui para utusan-Nya, meski dunia seringkali buta terhadap kehadiran mereka. Kita dipanggil untuk tidak hanya melihat tanda-tanda melainkan juga untuk mendengar panggilan pertobatan dan menanggapi dengan kesetiaan. Allah hadir tidak hanya dalam keajaiban tetapi juga dalam keseharian kita, seringkali melalui orang-orang yang membawa pesan-Nya tanpa sorotan gemerlap.
Seperti Elia, Yohanes Pembaptis, dan Santo Yohanes dari Salib, kita diundang untuk menjadi cahaya kecil yang memancarkan terang kasih Tuhan di dunia. Panggilan ini mungkin menghadirkan tantangan, bahkan penolakan, tetapi membawa kita menuju sukacita sejati dalam pelukan Allah. Di balik awan gelap, ada matahari yang tetap bersinar.
Daftar Pustaka
- Barclay, William. The Gospel of Matthew. Philadelphia: Westminster Press, 1957.
- Brown, Raymond E. The Birth of the Messiah. New York: Doubleday, 1999.
- Yohanes dari Salib. Dark Night of the Soul. Translated by E. Allison Peers. London: Burns Oates, 1953.