Jumat, 27 Desember 2024
Ada sesuatu yang begitu indah dan mendalam dalam perjalanan iman Santo Yohanes, rasul yang dikenal sebagai murid yang dikasihi. Hari ini, saat kita mengenangnya, dua bacaan menyala seperti lilin di tengah gelap malam, menuntun kita pada perenungan tentang cinta yang tak terhingga: cinta yang ia saksikan, ia hidupi, dan ia bagikan kepada dunia melalui tulisan-tulisannya.
Surat pertamanya, 1 Yohanes 1:1-4, adalah sebuah undangan. Yohanes memulai dengan kata-kata yang begitu penuh rasa hormat dan kekaguman, “Apa yang telah kami dengar, apa yang telah kami lihat dengan mata kami, apa yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami.” Ia tidak berbicara tentang sesuatu yang jauh, abstrak, atau teologis belaka. Ia berbicara tentang pengalaman nyata, perjumpaan langsung dengan Firman yang hidup. Yohanes mengajak kita untuk masuk ke dalam persekutuan itu, ke dalam sukacita penuh yang hanya bisa ditemukan ketika kita sungguh-sungguh mengenal Kristus.
Lalu, bacaan Injil dari Yohanes 20:2-8 membawa kita ke sebuah pagi yang hening, ketika dunia masih meraba-raba kegelapan setelah wafat Yesus. Maria Magdalena, dengan langkah tergesa-gesa, datang kepada Petrus dan Yohanes, mengabarkan bahwa makam Tuhan telah kosong. Yohanes dan Petrus pun berlari. Dalam gambaran ini, kita melihat dua hati yang sama-sama mencintai, tetapi merespons dengan cara yang berbeda. Yohanes, yang lebih muda, sampai lebih dulu di makam, tetapi ia tidak masuk. Ia menunggu, memberi tempat kepada Petrus untuk melangkah masuk terlebih dahulu.
Ada keheningan dalam tindakan Yohanes ini. Sebuah penghormatan, ya, tetapi lebih dari itu, ada keyakinan yang mendalam. Yohanes tidak membutuhkan semua bukti untuk percaya. Saat ia akhirnya masuk dan melihat kain kafan terlipat rapi, ia percaya. Yohanes tidak hanya mempercayai mata jasmaninya tetapi juga mata imannya.
Dalam dua perikop ini, kita tidak hanya melihat kisah tentang Yesus, tetapi juga kisah tentang Yohanes sendiri. Ia adalah saksi dari Firman yang hidup, saksi dari kebangkitan yang membawa harapan baru. Yohanes menulis bukan dengan pena biasa tetapi dengan tinta cinta, mengisahkan perjumpaannya dengan Kristus sebagai sesuatu yang melampaui waktu.
Raymond E. Brown dalam karyanya The Gospel According to John (1994) menggambarkan bahwa Yohanes, lebih dari rasul lainnya, mengungkapkan kedalaman pengalaman personalnya bersama Yesus. Injilnya adalah Injil cinta, Injil yang mengajak kita untuk tidak hanya melihat tetapi masuk ke dalam misteri kasih Allah. Sementara itu, William Barclay dalam The Letters of John and Jude (1976) mencatat bahwa Yohanes, melalui surat-suratnya, mengingatkan kita bahwa iman bukanlah tentang argumen tetapi tentang persekutuan. Kita dipanggil untuk mengenal, mencintai, dan hidup bersama Kristus dalam keseharian kita.
Santo Yohanes adalah pengingat bahwa iman kita tidak dibangun di atas doktrin belaka, melainkan pada perjumpaan pribadi dengan Tuhan yang hidup. Ia menulis dari pengalaman yang mendalam, dari kedalaman hatinya yang telah disentuh oleh cinta Allah. Seperti Yohanes yang berlari ke makam tetapi berhenti untuk memberi tempat kepada Petrus, kita diajak untuk percaya bahkan sebelum semua misteri terungkap.
Pada akhirnya, perayaan Santo Yohanes adalah undangan untuk melihat hidup kita sendiri sebagai surat cinta yang ditulis oleh Allah. Melalui pengalaman kita, melalui perjumpaan kita dengan Kristus dalam doa, sakramen, dan sesama, kita diajak menjadi saksi seperti Yohanes.
Ketika mata kita menatap tulisan-tulisannya, hati kita pun digerakkan untuk menyatakan, “Kami telah mendengar, kami telah melihat, dan kami telah percaya.”
Daftar Pustaka
- Brown, Raymond E. The Gospel According to John. Yale University Press, 1994.
- Barclay, William. The Letters of John and Jude. Westminster John Knox Press, 1976.
- Koester, Craig R. Symbolism in the Fourth Gospel: Meaning, Mystery, Community. Fortress Press, 1995.